Apakah Gaya ? (Fisika)

Ada beberapa contoh dalam kehidupan sehari-hari untuk mengenal gaya, sebagai berikut :

Ketika kita menekuk tangan, maka akan terlihat bahwa otot tangan bagian atas (otot bisep) menegang atau berkontraksi, sedangkan otot tangan bagian bawah (otot trisep) mengendur. Tetapi jika kita meluruskan tangan, maka otot bisep akan mengendur, sedangkan otot trisep justru berkontraksi. Apa artinya ini ? artinya, ketika sebuah otot berkontraksi, maka dia akan menarik organ-organ tubuh (dalam hal ini organ tangan) ditempat otot tersebut melekat. Ketika tangan ditekuk, itu berarti otot bisep menarik tulang tangan bagian bawah dan atas untuk saling mendekat. Sedangkan ketika tangan diluruskan, otot trisep menarik tulang tangan bagian atas dan bawah untuk saling menjauh. Otot-otot yang menarik tulang ini dikatakan melakukan atau mengerjakan gaya pada tulang-tulang.

Otot bisep terletak pada sisi atas lengan, sedangkan otot trisep terletak pada sisi bawah lengan. Ketika otot bisep berkontraksi (mengkerut), maka otot bisep akan menarik tungkai lengan mendekati bahu. Sebaliknya, ketika otot trisep berkontraksi, maka otot trisep akan menarik tungkai lengan menjauhi bahu. Tarikan-tarikan pada tungkai lengan, baik yang dilakukan otot bisep maupun otot trisep, disebut gaya.


mniup balonKetika sebuah balon ditiup, ukuran balon tersebut membesar karena molekul-molekul udara yang ditiupkan itu mendorong dinding balon (yang berupa karet). Udara yang mendorong dinding balon ini dikatakan melakukan gaya pada dinding balon. Jadi, gaya ialah tarikan atau tolakan yang dilakukan oleh suatu benda pada benda lain. Meniup balon berarti memasukkan udara ke dalam balon. udara didalam balon adalah kumpulan partikel-partikel yang selalu bergerak dan dapat menumbuk dinding bola. Tumbukan tersebut menyebabkan dinding balon terdorong keluar. Dorongan yang dilakukan oleh partikel udara pada dinding balon disebut gaya.


lokomotifKetika kita menarik atau mendorong meja berarti kita mengerjakan gaya pada meja tersebut. Demikian juga dengan lokomotif yang menarik atau mendorong gerbong kereta. Lokomotif tersebut melakuakn gaya pada gerbong. Lokomotif juga memiliki kontak dengan gerbong sehingga lokomotif dapat menarik gerbong. Jika kontak antara lokomotif dan gerbong terlepas, maka lokomotif akan bergerak sendirian tanpa gerbong karena tidak ada gaya yang menarik gerbong. (Sri S dan Agus S)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Gaya ? (Fisika)"

Posting Komentar

Boarding School
SMA SULTAN AGUNG YOGYAKARTA