Sopan santun menghadiri majlis

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Hadits-hadits pun banyak yang menyebutkan hal tersebut.

Abu Nu’aim meriwayatkan dari Mu'adz bin Jabal, Rasulullah SAW bersabda"Kelebihan orang alim (orang yang berilmu) terhadap orang yang ahli iba­dah adalah seperti kelebihan bulan purnama dibandingkan bintang-bintang lainnya."


Dalam hadits lain disebutkan, Umar bin Al-Khaththab mengatakan, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, `Barang siapa berjalan menuju majelis ilmu dari seorang alim, setiap langkahnya akan mendapat seratus kebaikan. Apabila duduk di dekatnya dan mendengarkan apa yang dikatakan olehnya, dengan setiap perkataan ia mendapat satu kebaikan." Demikian yang disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam Riyad ash­Shalihin.

Dalam hadits lain dikatakan, "Muliakanlah para ulama, karena mereka adalah ahli waris para nabi. Barang siapa memuliakan mereka berarti telah memuliakan Allah dan Rasul-Nya." (Hadits riwayat Al-Khathib Al­Baghdadi dari Jabir).

Banyak lagi hadits lain yang menyebutkan berbagai hal vang berkaitan dengan ilmu dan orang yang berilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sopan santun menghadiri majlis "

Posting Komentar


Tidak Semua Hal Bisa Diajarkan Tetapi Semua Hal Bisa Dipelajari
SMASA