Bagaimana Menuntut Ilmu Beradab dan Barakah ?

Apakah  terbayang  di fikiran  Saudara,  ada seseorang yang berhasil di bidang apa saja, baik dalam urusan dunia maupun akhirat, dapat mencapainya tanpa ilmu pengetahuan yang berkaitan dengannya ?

Sulit rasanya kita membayangkan ada orang yang demikian. Tengoklah pula di sekeliling Saudara, mengapa ada orang-orang yang lebih dihormati, lebih disukai, dan lebih didengarkan perkataannya. Salah satunya yang terpenting adalah karena ilmu yang di  milikinya.

Mungkin ada di antara Suadara yang akan mengatakan, "Buat apa berilmu kalau akhlaqnya jelek, atau jika tak mengamalkan ilmunya ?" Anggapan demikian ada benarnya, tetapi sama sekali tidak menghilangkan pentingnya ilmu.

Tanpa harus memberikan argumentasi atau contoh yang bermacam-macam, dari kehidupan sehari-hari saja dengan  mudah  kita  dapat  membuktikan pentingnya ilmu. Terlebih di masa sekarang, ketika perubahan berjalan demikian cepat dan kehidupan menjadi semakin kompleks.  Karenanya,  tak ada pilihan lain untuk dapat menjalani kehidupan ini dengan sukses dan bahagia selain menuntut ilmu sebanyak-banyaknya,  seluas-luasnya,  dan sedalam-dalamnya.

Ajaran Islam sangat menekankan masalah ilmu. Banyak ayat Al-Quran yang menunjukkan ketinggian derajat orang­orang yang berilmu dan yang memberikan dorongan untuk menuntut ilmu.

Di dalam Al-Qur’an Surah At-Tawbah : 122, Allah SWT berfirman, "Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali ke­padanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya."

Sedangkan, dalam surah Ali `Imran: 18 disebutkan "Allah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu juga menyatakan yang demikian."

Dalam ayat tersebut kita perhatikan, Allah memulai dengan diri-Nya dulu, baru para malaikat dan kemudian ahli ilmu. Jelas ini menunjukkan kedudukan mereka yang berilmu.

Dalam surah yang lain lagi Allah berfirman,


Artinya :

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu.Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al Mujadilah : 11)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Menuntut Ilmu Beradab dan Barakah ?"

Posting Komentar

Boarding School
SMA SULTAN AGUNG YOGYAKARTA