Harap Tenang Ada Ujian !!!


Itulah empat kata sakral yang sangat mudah kita jumpai semenjak zaman bahula hingga kini dan entah sampai kapan. ketika mereka para siswa terutamanya kelas 6, 9 dan 12 sedang menempuh ujian sekolah hingga ujian nasional.

Yang mengusikku saat ini, mungkinkah dari sebuah ketenangan, dari sebuah kesunyian, bahkan dari sebuah kesenyapan akan menjadikan mereka yang menempuh ujian dapat memperoleh hasil akhir seperti yang diharapkan yakni, “Memuaskan” dan “Lulus”.

Apakah semua adik-adik, anak-anak, dan semua siswa di republik ini terdiri dari makhluk yang sejenis, yakni makhluk yang sangat membutuhkan ketenangan dalam mengerjakan soal-soal ujian…?

Apakah ketika mereka nanti menjadi seorang ketua Dewan, seluruh anggota diharap diam dan tenang, karena sang ketua sedang menyelesaikan tugas kedewanan…?

Apakah ketika mereka nanti jadi pedagang, seluruh pelanggan dan konsumen diharap diam dan tak berisik karena sang pedagang lagi sibuk menghitung total belanjaan para pelanggannya tersebut…?

Apakah siswa kita adalah para robot yang harus tercetak rapi sesuai dengan cetakkan yang telah kita persiapkan…?

Dan masih banyak apakah… apakah yang lainnya…

Demikianlah keadaan sekolah kita, untuk terpenuhinya ketenangan tersebut maka para siswa yang lain, yang tidak sedang menempuh ujian harus diliburkan atau bahasa halusnya belajar di rumah.

Bagaimana dengan nasib mereka yang mampu berpikir optimal dalam keramaian?

Bagaimana dengan mereka yang terbiasa berpikir dalam hiruk pikuk hilir mudik langkah kaki berlarian di sepanjang koridor sekolah?

Ya… mungkin bagi sekolah yang senantiasa menerapkan sistem pembelajaran dalam ketenangan dan kesunyian hal ini bukanlah sebuah masalah. pertanyaannya adalah, masih adakah sekolah seperti ini di zaman sekarang ini? Sekolah dengan para guru otoriter, sekolah dengan pembelajaran satu arah?

Bukankah kita telah bertahun-tahun menganut sistem pembelajaran siswa aktif…!?

Alangkah indah dan nyamanya, tatkala sekolah yang sedang menyelenggrakan ujian dengan tetap menjaga suasana dan kondisi sekolah laksana hari-hari biasanya…

Penuh keceriaan,
Penuh canda dan gelak tawa,
Penuh keriangan dan berbagai ekspresi,…

Betapa para siswa akan merasakan urat dan syarafnya tak akan tertarik kencang karena ketegangan. Betapa siswa akan merasakan berada dalam dunia yang sangat dekat dan dikenalnya

Hari ini, senin 16 April 2012 hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA/MA/SMK di seluruh Indonesia. Harap .... Tenang ... . Ada Ujian Nasional.
-------------------------------------


Do’a sebelum mengerjakan ujian:


“Allaahumma innaa nas aluka fahmannabiyyiin,
  wa hifdzal mursaliin, 
  wa ilhaaman malaaikatil muqarrabiin,”

“Yaa faarijal hammi, 
  Yaa kaasyifal ghammi, 
  Yaa man li ‘abdihi yaghfiru wa yarham.”

Selamat mengerjakan adik-adikku !!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harap Tenang Ada Ujian !!!"

Posting Komentar

Boarding School
SMA SULTAN AGUNG YOGYAKARTA