Alhamdulillah Lulus Tapi Belum Lolos

Puji syukur Alhamdulillaahirabbil'alamiin SMA Sultan Agung Yogyakarta Lulus 100 % UN Tahun Pelajaran 2014/2015. 
Terima kasih bapak ibu guru, terima kasih orangtuaku. Sekarang sudah lulus tinggal lolos dari PTN/PTS dan atau dunia kerja.

Apakah kita Lulus atau Lolos ?

Dua-duanya sama-sama merupakan keadaan selamat. Artinya, tidak perlu mengulang dan tidak mempunyai kasus yang signifikan. Hanya saja, dari segi kualitas, lolos dan lulus ini sangat jauh berbeda. Banyak yang mengatakan, kalau ‘lulus’ adalah lolos dengan nilai sangat baik. Semua pelajaran masih dapat diingat dengan baik. Tetapi kalau lolos? Ditanya hal mendasar tentang satu mata pelajaran saja, bisa-bisa kita sudah lupa. Sing penting biso lulus senajan lolos dengan (nilai pas-pasan).  Apakah demikian?, Tentu saja tidak, Bagaimana dengan nilai akhlak, kepribadian, sikap perilaku kita? he heh he, bener juga ya.

Ada perbedaan yang tipis antara lulus dan lolos. Kita selalu bilang seorang murid lulus ujian. Tapi kita tidak bisa bilang lulus dari musibah, lulus dari kecelakaan, lulus dari maut. Kita lolos dari musibah, lolos dari kecelakaan, Dan pasti tidak akan pernah lolos dari maut, he he he.

Lulus jika kita melewati sesuatu yang menguji kita dan ada aturannya, seperti UN tahun 2015 ini. Jika kita berhasil melewati suatu rintangan, itu namanya baru lolos. Begitu juga, kita lulus bukan karena keberuntungan, tetapi karena kemampuan. Kita "lolos" bisa jadi karena "nasib baik", Sebagaimana kebaikan bapak/ibu guru kita

Sekarang yang terpenting bagi kita, mari doakan orangtua kita, bahwa almarhum bapak kita semua, Drs. H. Achmad Bunandar selalu menyampaikan, "abauhum tsalatsatun" orangtua itu ada (3) tiga yaitu Orangtua kandung, Guru, dan Mertua. Juga pesan beliau yang lain : "Hormat dan Patuh Kepada Orangtua dan Guru, Dan Kasih Sayang Kepada Al Fakir". selanjutnya pastikan kita harus membahagiakan orangtua, membahagiakan hatinya, membuat mereka bangga, baru kita akan mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan dengan ridho mereka.  Semoga bejo dan beruntung ! Lulus dan Lolos. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alhamdulillah Lulus Tapi Belum Lolos"

Posting Komentar


Tidak Semua Hal Bisa Diajarkan Tetapi Semua Hal Bisa Dipelajari
SMASA