Tahukah Kamu Apa Medan Gaya dan Resultan Gaya ?

Seperti diketahui, untuk mengerjakan gaya pada sebuah benda, kita perlu mengadakan kontak dengan benda tersebut.
Bagaimanakah dengan benda jatuh, misalnya buah apel yang jatuh dari pohonnya ?
apple
Buah apel yang berada diatas pohon mengalami dua gaya yang bekerja padanya, yaitu tarikan dari dahan dan tarikan dari bumi. Kita tidak melihat langsung adanya suatu kontak antara buah apel dan bumi. Tetapi medan gaya yang dimiliki oleh bumi tetap melakukan kontak dengan buah apel. Karena itulah, tarikan bumi bekerja pada buah apel.

Kontak yang kasat mata memang tidak ada, tetapi tetap ada gaya yang bekerja pada buah apel yang jatuh tersebut. Gaya yang dimiliki oleh bumi menarik buah apel tersebut hingga jatuh ke bawah.

Disekitar bumi ada medan gaya yang memiliki kontak dengan setiap benda yang berada disekitar bumi. Bumi memiliki kontak dengan benda disekitarnya melalui medan gaya tersebut.
Sama halnya, Ketika kita mendekati seseorang menggunakan parfum, aroma parfum akan tercium oleh hidung kita, tetapi aroma tersebut tidak dapat kita lihat. Hal ini disebabkan parfum ini memiliki suatu medan gaya yang merupakan medium penyebaran aroma parfum tersebut.

gedung
Gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda, tetapi tidak menimbulkan gerak dan perpindahan, dikatakan dalam keadaan seimbang.Resultan gaya yang berada dalam keseimbangan adalah nol. Pengetahuan ini sangat penting bagi para insinyur pembuat bangunan bertingkat atau jembatan. Mereka harus merancang bangunan sehingga resultan gaya yang bekerja pada bangunan tersebut adalah nol, agar bangunan kokoh dan kuat.
Insinyur bangunan selain harus memperhitungkan jumlah kualitas bahan, juga harus memperhitungkan posisi dan letak pusat massa dari bangunan tersebut sehingga terjadi keseimbangan dari gaya-gaya yang bekerja pada seluruh bangunan tersebut. Dengan demikian jika terjadi gempa, gedung tersebut diharapkan tetappada posisinya tidak bergerak.
Seperti halnya dengan gedung pencakar langit yang dibangun dengan memperhatikan aspek keseimbangan gaya-gayanya, sama halnya dengan pembangunan sebuah jembatan. Suatu getaran dalam frekuensi yang sangat besar dapat mengganggu bahkan meruntuhkan jembatan tersebut dikarenakan tidak adanya keseimbangan gaya-gaya.
Sumber : Ganeca Exact

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Kamu Apa Medan Gaya dan Resultan Gaya ?"

Posting Komentar

Boarding School
SMA SULTAN AGUNG YOGYAKARTA