Mekanika Newton

Apakah mekanika newton ?


issac newtonMekanika newton adalah seperangkat teori yang membahas tentang gerak benda di alam semesta ini. Teori ini dikembangkan oleh Sir Issac Newton dari Inggris pada tahun 1687. Dalam perkembangannya ada beberapa teori yang membahas tentang gerak, misalnya mekanika Hamilton ataupun relavitas Einsten. Seperti apa mekanika newton ini, kita ikuti penjelasan berikut.

Beliau adalah salah seorang ilmuwan inggris, yang juga merupakan seorang profesor dibidang matematika pada Universitas Cambrige dalam karya ilmiah beliau, yaitu " Philosophiae Naturali " Principia Mathematica 1687, beliau menjelaskan tiga hukum fisika tentang gerak, yaitu hukum pertama Newton tentang sifat kelembapan dalam suatu benda, hukum kedua Newton tentang percepan suatu benda, dan hukum ketiga Newton tentang gaya aksi-reaksi, serta menjelaskan dasar-dasar tentang gravitasi umum.

Newton menjelaskan keberadaan gaya tarik menarik bumi atau lebih sering disebut gaya gravitasi bumi untuk menjawab mengapa semua benda-benda yang didalam bumi selalu jatuh kebawah.

Ketiga hukum Newton, antara lain sebagai berikut :
  1. Hukum pertama Newton mengatakan bahwa jika resultan gaya pada sebuah benda adalah nol. Maka benda tersebut dalam keadaan diam atau kalaupun bergerak, maka gerak benda tersebut dengan kecepatan tetap.
  2. Hukum kedua Newton menyatakan bahwa besarnya resultan gaya yang dialami oleh suatu benda akan sebanding dengan besarnya percepatan yang dialaminya.
  3. Hukum ketiga Newton mengatakan bahwa jika sebuah benda mengerjakan gaya pada benda lain, maka benda lain tersebut juga akan mengerjakan gaya yang sama besarnya dan berlawanan arah pada benda pertama tersebut jadi ada aksi dan reaksi antara dua benda yang mengerjakan gaya.

Sumber : Geneca Exact

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mekanika Newton"

Posting Komentar

Boarding School
SMA SULTAN AGUNG YOGYAKARTA