Doa Setelah Shalat Dhuha

Setelah kita melakukan shalat Dhuha, di antara doanya yang dapat kita baca adalah sebagai berikut :

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim.

Alhamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. Allaahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidinaa muhammadin wa ‘ala aalihi wa shahbihi wa man tabi’ahu bi-ihsaanin ila yaumid-din.

Allahumma innadh-dhuhaa-a dhuhaa-uka wal-bahaa-a bahaa-uka wal-jamaala jamaaluka wal qudrata qudratuka wal-‘ishmata ‘ishmatuka.

Allahumma in kaana rizqii fis-samaa-i fa anzilhu wa in kaana fil ardhi fa akhrijhu wa in kaana haraaman faththahhirhu wa in kaana ba’iidan faqarribhu wa in kaana mu’siran fayassirhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa qudratika yaa arhamar-rahimiin.

Washallallaahu wa sallama ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa man tabi’ahu bi-ihsaanin ila yawmid-diin.

Artinya :

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji milik Allah, Tuhan sekalian alam. Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, serta kepada keluarga, para sahabat, dan orang-orang yang mengikutinya, dengan kebajikan sampai hari kiamat.

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, kebagusan adalah kebagusan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, dan penjagaan adalah penjagaan-Mu.

Ya Allah, jika rizqiku ada di langit, turunkanlah. Jia ia ada di bumi, keluarkanlah. Jika ia haram, sucikanlah. Berkat waktu dhuha-Mu, kebagusan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuasaan-Mu, wahai Yang Paling penyayang di antara yang penyayang.

Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, serta kepada keluarga, para sahabat, dan orang-orang yang mengikutinya, dengan kebajikan sampai hari kiamat.

====================================================

Doa setelah melaksanakan shalat Dhuha di atas sangat masyhur dan sering kita amalkan dan dibaca ketika selesai melaksanakan shalat Dhuha, Akan tetapi  Doa tersebut bukanlah doa yang berasal dari Nabi Muhammad saw, melainkan doa yang dimunculkan pertama kali oleh ahli hokum (fugaha), seperti oleh asy-Syarwani dalam Syarh Minhaj dan ad-Dimyati dalam l'anatut-Thalibin. Keduanya pun tidak menyebut doa ini berasal dari Hadits Nabi Muhammad saw.


Dengan demikian, seorang yang selesai melaksanakan shalat Dluha, ia dapat melafalkan doa apa saja yang baik tanpa harus terikat dengan lafal yang dianggap berasal dari Rasulullah saw untuk shalat Dluha seperti tersebut di atas.
Firman Allah dalam Al-Qur'an:

Artinya: "Jika kamu telah menunaikan shalat, maka berdzikirlah (ingatlah) Allah" (Qs An-Nisa [4]: 103)

Artinya: Hai orang-orang yang ber iman. berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang."(Qs. Al-Ahzab {33]:  41-42)


Doa yang bisa digunakan dan diajarkan kepada peserta didik salah satunya misalnya adalah doa yang diajarkan oleh Hadits berikut ini:
 
Artinya : "Sesungguhnya Rasulullah berlindung (kepada Allah) dari lima hal setelah selesai shalat."Ya Allah, sesungguh nya aku berlindung kepada Engkau dari sifat kikir; akuberlindung kepada Engkau dari sifat pengecut, akuberlindung kepada E ngkau dari dikembalikan kepada umurnya yang paling hina (pikun), aku berlindung kepada Engkau dari fitnah dunia dan aku berlindung kepada E ngkau dari azabkubur". (HR. al-Bukhari, Muslim, Ahmaddan an-Nasai, lafal dari an-Nasai).
     
Wallahu a'lam bish-shawab.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Setelah Shalat Dhuha"

Posting Komentar

Boarding School
SMA SULTAN AGUNG YOGYAKARTA